Top

We help the world growing since 2005

Mengenal Ductile Pipe dan Jenis Pipa Besi Lainnya

Januari 5, 2022
Posted by: Tohoma Mandiri

Dalam dunia konstruksi, ada banyak sekali elemen yang memiliki peran penting, salah satunya adalah pipa besi. Pipa besi berperan sebagai penyangga rumah, pagar rumah, teralis, rangka plafon, dan masih banyak lagi. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat banyak tipe pipa ini seperti ductile pipe atau sebagainya? Untuk memahami lebih lanjut, silakan simak pembahasan berikut ini.

Baca Juga : Ketahui Hal-Hal Penting dari Pipa Cast Iron

Seperti kita ketahui, pipa berbahan besi memang mempunyai lebih banyak kelebihan. Beberapa kelebihan tersebut antara lain lebih kuat, tahan lama, tahan karat, serta tahan rayap. Inilah sebabnya benda tersebut bisa bertahan hingga puluhan tahun walaupun dipakai di luar ruangan dalam cuaca yang berubah-ubah. Bahkan, saat ini sudah banyak orang memiliki minat di pipa tersebut.

Macam-Macam Pipa Besi

1. Ductile

Jenis yang pertama adalah ductile. Jenis ini kerap dipakai sebagai bahan utama infrastruktur penyuplai air. Sejak pertama kali ditemukan, perkembangannya bisa dikatakan cukup pesat hingga mencapai kualitas lebih baik dari waktu ke waktu. Karakternya kuat, mempunyai daya tahan tinggi, serta anti karat. Bahkan, dalam keadaan darurat seperti bencana alam sambungannya juga tidak akan patah, melainkan hanya melengkung saja.

2. Hollow

Selanjutnya adalah hollow. Jenis ini juga biasa disebut pipa kotak. Berbeda dengan jenis sebelumnya, hollow pipe lebih sering digunakan untuk membuat pagar rumah atau gerbang. Akan tetapi, kebanyakan orang malah lebih memilih menggunakannya sebagai rangka plafon dan kanopi rumah. Bahan ini memang lebih baik dibandingkan rangka kayu karena selain mudah dipasang, bahan ini juga tidak mudah lapuk.

3. Welded

Sesuai namanya, welded pipe dibuat dari sebuah plat yang dilas menjadi sebuah pipa. Ciri paling terlihat dari jenis ini adalah adanya garis memanjang. Garis tersebut adalah sambungan dari plat-plat di atas. Akan tetapi, apabila las dilakukan dalam suhu tinggi biasanya garis ini tidak akan terlalu terlihat jelas. Sayangnya, ketika ingin memilih tipe welded harus benar-benar dari perusahaan bersertifikasi karena jika tidak akan rawan terjadi bocor.

4. Seamless

Berkebalikan dengan sebelumnya, jenis seamless tidak mempunyai sambungan. Cara membuatnya adalah dengan melubangi silinder dan kemudian didapatkan pipa yang utuh. Apabila ingin memeriksanya, Anda bisa melihat bagian dalam. Tidak akan ada bekas sambungan terlihat serta tampak mulus. Pada umumnya, harga jenis ini cenderung lebih mahal daripada welded karena memiliki ketahanan sangat tinggi.

5. Ulet

Jenis yang terakhir ini cukup populer di dunia konstruksi. Pasalnya, jenis tersebut adalah pipa besi cor terbuat dari campuran grafit dan besi. Dari kedua bahan tersebut, sudah bisa dibayangkan betapa kuatnya dibandingkan pipa cor biasa. Bahkan, beberapa orang menganggap jika performanya bisa menyaingi performa baja.

Itulah tadi beberapa jenis pipe yang kerap digunakan di dunia konstruksi. Dari kelima di atas, ductile pipe merupakan jenis paling populer. Akan tetapi, jika Anda ingin membeli pipa tersebut pastikan memesan di tempat terpercaya dan berkualitas, salah satunya adalah Tohoma Mandiri. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi websitenya di www.tohoma.co.id.