Top

We help the world growing since 2005

Ingin Memasang Stiker Reflektor Lampu? Perhatikan Terlebih Dahulu Hal Berikut Ini

Januari 17, 2022
Posted by: Tohoma Mandiri

Setiap orang tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di jalanan. Tugas masing-masing pengendara adalah saling mengingatkan. Salah satu wujud mengingatkan tersebut adalah dengan memasang stiker reflektor lampu. Pada prinsipnya, stiker ini akan memantulkan cahaya lampu dari kendaraan lain sehingga pengendara dapat menyadari keberadaan kendaraan tersebut.

Akan tetapi, untuk memasang stiker tersebut tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Ada beberapa hal perlu diperhatikan agar tidak menimbulkan dampak buruk seperti lampu menjadi buram. Hal ini karena sticker tidak hanya diaplikasikan pada bodi mobil saja, melainkan juga lampu. Hanya saja, jenis sticker keduanya tentu berbeda, terlebih dalam penggunaan bahan.

Pentingnya Menggunakan Stiker Reflektor

Tidak bisa dipungkiri bahwa berkendara di malam hari memiliki risiko kecelakaan jauh lebih besar dibandingkan di siang hari. Hal tersebut karena minimnya penerangan selain dari lampu kendaraan dan lampu jalan. Bahkan, cukup banyak kasus kecelakaan di malam hari disebabkan tidak menyadari keberadaan kendaraan atau benda-benda keras karena jalan terlalu gelap.

Dari masalah tersebut kemudian muncul anjuran penggunaan reflektor lampu. Tidak hanya pada kendaraan saja, reflektor juga kerap digunakan pada objek-objek lain. Objek tersebut antara lain adalah sebagai berikut.

1. Traffic sign

Sticker ini berfungsi memberikan peringatan kepada pengendara di malam hari terkait adanya rambu jalan. Beberapa rambu penting seperti peringatan jalan sempit, jalan rawan kecelakaan, dan sebagainya memang kerap sulit dilihat di kondisi gelap, terlebih ketika tidak ada lampu jalan. Inilah peran penting dari reflector tersebut.

2. Reflector kendaraan berat

Sudah ada peraturan tertulis mengenai kewajiban menggunakan stiker reflector pada berbagai kendaraan berat seperti bus, truk, mobil gandeng, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar pengendara lain, terutama sepeda motor atau mobil bisa menyadari keberadaan kendaraan tersebut di malam hari.

3. Reflector pribadi

Jenis ini kerap digunakan pada baju-baju proyek. Tujuannya tentu saja agar pengendara bisa menyadari keberadaan orang tersebut. Biasanya pekerja perbaikan jalan di malam hari wajib menggunakannya supaya menghindari hal-hal tidak diinginkan.

4. Temporary sign reflector

Terakhir, temporary sign juga harus menggunakan stiker. Temporary sign berfungsi memberikan peringatan bahwa di sekitar tanda tersebut ada proyek sementara seperti perbaikan jalan atau perbaikan kendaraan darurat.

Warna Stiker Reflektor

Hal lain yang wajib diketahui adalah terdapat berbagai macam stiker dengan aturannya masing-masing. Sebagai contoh, sticker berwarna merah harus ditempelkan di bagian belakang kendaraan niaga sebagai peringatan menjaga jarak. Selanjutnya, warna kuning harus ditempelkan di bagian samping, khususnya pada bus atau mobil barang. Terakhir, warna putih digunakan di bagian depan kereta tempelan. Ketiganya sama-sama harus berukuran 60 x 5 cm.

Setelah mengetahui hal tersebut, mungkin saat ini Anda sedang mencari penyedia stiker reflektor lampu untuk berbagai keperluan. Sebagai rekomendasi, Anda dapat memilih Tohoma Mandiri karena sudah terbukti kualitasnya. Apabila ingin mengetahui informasi lebih lanjut, Anda bisa mengaksesnya di www.tohoma.co.id.